Sunday, December 9, 2012

Perwujudan Cinta Tanah Air : Tanah Surga.. Katanya



Mungkin salah satu wujud cinta tanah air bisa anda pelajari di film Tanah Surga... katanya bercerita tentang penduduk perbatasan Indonesia-Malaysia, film berbicara soal pendidikan dan kehidupan yang layak bagi seluruh warga negara Indonesia sangat ditekankan. Ceritanya begitu membuat saya sendiri sedih tetapi juga bangga akan kegigihan penduduk Indonesia di perbatasan yang masih bangga dengan Bangsa Indonesia.

Hasyim seorang pejuang dan relawan konfontrasi Indonesia Malaysia tahun 1965 tetap mencintai Indonesia meski dirinya jauh dari kata makmur, hidup dengan 1 anak dan 2 orang cucu . Haris adalah anak Hasyim yang mana ingin mengajak Hasyim untuk berpindah kewarganegaraan agar memperoleh kehidupan yang lebih layak ditolak mentah mentah oleh Hasyim karena loyalitas Hasyim kepada Bangsanya, sifat yang menurun kepada cucu laki lakinya Salman yang mempunyai rasa cinta tanah air yang tinggi dan cita cita menjadi seorang presiden yang akan menjadikan Indonesia benar benar tanah surga.

Disisi lain film ini menceritakan soal pendidikan yang amat memprihatikan, setahun vakum sebelum kedatangan astuti, guru cantik dan muda yang mengabdikan diri untuk pendidikan penduduk perbatasan yang diawali dari tidak sengaja mengangkat tangan saat rapat pemilihan guru untuk masyarakat tertinggal, astuti kemudian mengabdikan diri untuk penduduk perbatasan agar memperoleh pendidikan yang layak.

Dokter .Anwar atau disebut dokter intel adalah seorang dokter yang terpaksa hijrah ke perbatasan karena di kota gagal bersaing yang kemudian jasanya amat tak terkira untuk kesehatan penduduk perbatasan. Dokter Anwar pun diam diam menyukai Astuti, sayang film ini hanya berakhir pada sesi ketika Hasyim meninggal dunia ditengah perjalanan menuju rumah sakit menaiki sampan.

Apapun yang terjadi pada negara ini, tidak akan melunturkan rasa cinta tanah air pada bangsa ini..
 


2 komentar:

  1. film Indonesia yg bikin ane mewek neh..hehehe

    film ini wajib ditonton gan..

    ReplyDelete

Komentar anda adalah hadiah terindah bagi saya