Tuesday, September 10, 2013

Sedikit lebih Mengenal Beat Box


JavaBeatboxFest2013

Anda Pernah dengar tentang Beat Box? jika seorang penyuka musik bo'ong banget jika gak tau tentang Beat Box tetapi kali ini saya akan mengulas sedikit banyak tentang Beat Box. Beat Box adalah seni yang memfokuskan diri pada jenis suara, menghasilkan bunyi bunyi ritmis, nada instrumentasi semisal ketukan drum, dan bunyi lainnya yang dihasilkan dari perpaduan mulut, bibir, lidah, rongga mulut dan sejenisnya.

Pelaku seni Beat Box biasa dipanggil Beat Boxer, sering kali nadanya mirip dengan iringan musik hip hop meskipun dalam prakteknya semua jenis musik bisa disisipi oleh Beat Box. Beatbox dalam dunia Hip Hop mulai dikenal pada tahun 1980-an. Kata "beat box" secara harfiah mengacu pada mesin drum generasi pertama, oleh sebab itu para beatboxer pada era tersebut sering dijuluki sebagai "Human Beat Box". Musisi yang menjadi pelopor diataranya Doug E. Fresh, Darren "Buffy" Robinson dari grup The Fatboys, dan Leonardo "Wise" Roman dari Stetsasonic. Masing-masing musisi mempelopori ciri khas dan gaya yang berbeda-beda dan menginspirasi generasi beatboxer berikunya. Selain menghasilkan suara ketukan dan ritme, pada era ini musisi Biz Markie juga memperknalkan teknik MCing dan menyanyi yang digabungkan dengan suara perkusi.

Di kota kelahiran saya Yogyakarta sendiri pun ada lho, di iringi oleh beberapa teman saya yang giat berlatih tiap seminggu sekali di taman budaya Yogya sering berlatih untuk mengenalkan musik di Indonesia khususnya Yogyakarta. Blog mereka pun sudah tercipta, jika anda penasaran dengan seni ini anda bisa kunjungi blog ini .

Let's Go to Beat Box yoooww!

1 komentar:

  1. MAS/MBAK RINCIAN UNTUK BIAYA DAFTAR MASUK KOMUNITAS BEAT BOX BEJO BERAPA YA..

    ReplyDelete

Komentar anda adalah hadiah terindah bagi saya