Saturday, May 18, 2013

Indahnya Ketep Pass, Melihat 5 Gunung bersamaan

Pengen tahu tempat yang nyaman buat penyegaran mata dan melihat pemandangan indah gak? salah satunya ada di Ketep pass Lokasi Ketep Pass berada di puncak Bukit Sawangan (pertengahan antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu). Ketep Pass berada pada ketinggian 1200 meter dpl dan luas areanya kurang lebih 8000 meter persegi. Ketep pass ini berjarak 21 km dari Mungkid, 17 km dari Desa Blabak ke arah timur, 30 km dari Kota Magelang, 35 km dari Kota Boyolali, dan 30 km dari Candi Borobudur.

menurut Fungsinya seperti yang di kutip di http://id.wikipedia.org/wiki/Ketep_Pass :
Ketep Pass ini memiliki beberapa fungsi,yaitu :

  1. Sebagai sarana dokumentasi. Fungsi ini bisa didapat dari adanya film dokumenter yang diputar di dalam bioskop mini.
  2. Sebagai sarana peragaan. Fungsi ini bisa didapat dari adanya komputer interaktif yang menyimpan data-data tentang Gunung Merapi. Komputer ini tersedia di dalam Volcano Centre.
  3. Sebagai sarana edukasi. Fungsi bisa didapat dari adanya Volcano Centre dan Volcano Theatre.
  4. Sebagai sarana penelitian. Yakni sebagai lokasi pengamatan aktivitas Gunung Merapi.
  5. Sebagai sarana rekreasi. Fungsi ini bisa didapat dari adanya gardu pandang dan pelataran Panca Arga.
 oh iya selain itu disana terdapat museum vulkanologi, museum yang isinya dokumen tentang gunung berapi dan beberapa foto dan poster yang menggambarkan kisah dari aktivitas Gunung Merapi. Selanjutnya terdapat bioskop mini Bioskop ini menyajikan film berupa sejarah dari Gunung Merapi yang meliputi peristiwa terbentuknya Gunung Merapi, jalur-jalur pendakian, penelitian di puncak Garuda, letusan dahsyat Gunung Merapi, dan berbagai peristiwa yang terjadi dalam rentetan waktu tertentu. Durasi dari film ini cukup pendek, hanya sekitar 25 menit. Terdapat juga Teropong kemudian pelataran arca pargat. Panca Arga mempunyai arti Lima Gunung. Lokasi ini merupakan puncak tertinggi di Obyek Wisata Ketep Pass. Dari puncak tertinggi ini pengunjung dapat melihat 5 gunung, yaitu Merapi, Merbabu,Sindoro, Sumbing  dan Slamet, tetapi jangan kecewa ketika dalam kondisi mendung atau penuh kabut kita gak bisa nonton seluruh gunung lho.

Ini foto dimana saya disitu :







2 komentar:

Komentar anda adalah hadiah terindah bagi saya