Sunday, May 19, 2013

Memancing, Sebuah Hobi dan Olahraga!

Malam-malam gini ngisi blog dulu yah, karena teringat waktu bersama gathering reuni teman SD saya dulu, akhirnya pengen deh buat artikel soal mancing.

Apa sih memancing itu? tentu semua juga sudah tahu kalau memancing adalah sebuah kegiatan dimana proses mendapatkan target yang diincar dalam sebuah wadah, tentu kaitannya dengan memancing ikan berarti target adalah ikan. Hal seru ketika kita belajar memancing untuk pertama kali lho.

Sejarah kapan dimulainya memancing mungkin beribu abad lalu ya, apalagi nenek moyang kita adalah seorang pelaut yang artiannya setiap hari mereka memancing ikan untuk makan. Bangga dong, kegiatan yang melatih banyak kesabaran dan kecekatan ini memang banyak peminatnya.


foto disamping ketika saya memancing mendapatkan ikan, lumayan bangga sih buat seorang yang nubi hehe. Waktu itu saya sempat merusakkan pancing milik teman karena saya belum terbiasa menggunakan pancing mahal.hahaha., memalukan memang.

Ternyata di dunia ini mancing pun dijadikan olahraga lho bro! di Indonesia mempunyai grup mancing yang diberi nama FORMASI yaitu Federasi Olahraga Mancing Seluruh Indonesia, wih keren banget gan!
Keberadaan FORMASI dimulai sejak awal tahun 1993 dicetuskan oleh 18 orang pendiri pemancing sebagai berikut: Adiwarsita Adinegoro, Ir., Adiguna Sutowo, Ali Aljufri, Awin Mawardi, Chepot H. Wiano, D.J. Pamoedji, Dadi Kartahadimadja Ing., Dali Sofari, Irma Hutabarat, Japto S. Soerjosoermarno, SH, Kiki Adjie, Nursasongko Anwar, Ir., Pudjo Basuki, MBA, Pontjo Sutowo, Sofri Bahar, Ir., Sumendap (Alm.), Yahuda Tirtadihardja, Yuwono Kolopaking, DR. Ir.
Semula FORMASI adalah singkatan singkatan dari Federasi Organisasi Mancing Seluruh Indonesia dimana anggota-anggotanya adalah klub-klub mancing yang bergabung tetapi kemudian berubah menjadi Federasi Olahraga Mancing Seluruh Indonesia. (Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Federasi_Olahraga_Mancing_Seluruh_Indonesia).


Yap itu saja sih yang bisa aku share hari ini, jadi kalau punya aktivitas memancing, share bareng yuk.


2 komentar:

  1. sebagai pemancing ane malu,,

    baru tau ada "Federasi Organisasi Mancing Seluruh Indonesia"


    tangkapan keren tuh,, lebih seru kalo mancing dilaut :p

    ReplyDelete

Komentar anda adalah hadiah terindah bagi saya