Sunday, November 18, 2012

CARA BERDEBAT BAIK UNTUK PEMULA

blog


Apa sih fungsi berdebat? saya kira pembaca mungkin sudah mengetahuinya lebih dari saya, sebenarnya  debat itu untuk melihat tolak ukur kapabilitas kita terhadap sesuatu yang diperdebatkkan. tolak ukur tersebut meliputi kecepatan berpikir, nalar penyelesaian masalah, ketegasan, keteguhan terhadap prinsip yang dipegang dan penyelesaian masalah.



Dalam dunia perdebatan bertujuan mencari pembenaran fakta atau prinsip yang paling kuat, tetapi seringkali perdebat berujung pada sebuah penghinaan/penistaan terhadap agama, suku, ras dan sebagainya, istilah dalam berdebat semacam ini kadang disebut flame, troll, bully.

nah saya akan memberikan tips bagaimana cara berdebat yang baik untuk pemula, kenapa pemula? karena saya juga seorang pemula, bukan expert bahkan master sehingga meminimalisir anda untuk setidaknya seri dengan lawan debat anda :

1. FOKUS PADA INTI MASALAH
setiap tema/judul dalam perdebatan mempunyai inti masalah, tak bisa dipungkiri setiap inti pasti di kelilingi kulit masalah, apa itu kulit masalah? kulit masalah hasil picu atau pemantik api sebuah masalah, nah dalam hal ini sering kali kita atau lawan kita melebarkan masalah untuk mencari pembenaran atas kebenaran yang dia sampaikan. tetapi ingat, setiap kulit pasti berhubungan dengan inti, sehingga tetap fokus pada inti masalah.

2. DO NOT FEED THE TROLL
kata diatas bukan hanya sebagai jargon, tetapi terapkan pada saat anda berdebat, ketika lawan anda sudah mulai panas, kemudian melontarkan sesuatu yang melenceng dari topik bahasan ataupun sudah sampai menyerang ranah pribadi lawan, ingat kata diatas. semakin kita tidak menanggapinya semakin terlihat bahwa kebenaran memang ada di pihak kita.

3. JANGAN BERPIKIR ANDA LEBIH PINTAR DARI LAWAN ANDA
kadang kita meremehkan seseorang yang menurut kita tidak selevel dengan kita, mungkin kaena kita mengetahui latar belakang lawan debat kita. abaikan pemikiran tersebut, setiap orang punya kans untuk menang, hargai lawan anda sebagaimana anda menghargai diri anda, jangan berpikir anda akan menang dari lawan anda, cukup bepikir bagaimana mengimbangi cara berdebat/logika lawan

4. AJUKAN PERTANYAAN SETELAH LAWAN MEMBERIKAN FAKTA
ya sampailah kita pada titik tekanan, ketika lawan memberikan fakta yang lebih ketimbang fakta yang kita sampaikan, cara terakhir, tanyakan beberapa yang menggoyahkan fakta tersebut kemudian bandingkan dengan fakta yang anda sampaikan.

setelah beberapa yang saya beberkan tadi semoga bermanfaat!
be a winner gan!



4 komentar:

Komentar anda adalah hadiah terindah bagi saya