Sunday, November 25, 2012

Guru dan Bagaimana Cara Akrab Dengan Mereka




Selamat hari guru, masih hari guru kah sore ini? jika merunut waktu 1 hari = 24 jam maka hari ini memang masih hari guru, guru seorang yang patut diteladani dan dicintai oleh semua muridnya. Lalu ada pernyataan dan pertanyaan yang memang selalu ada dibenak kita "Guru  kadang pilih kasih, sama murid yang pintar selalu bangga, sama murid yang biasa pasti lupa nama, tapi kenapa kenal sama yang nakal terutama?".

Sebuah kalimat pernyataan dan pertanyaan yang jadi satu tersebut memang banyak banget ada dibenak siswa, bukan hanya terjadi di lingkup sekolah saja, tetapi di lingkup kuliah, tetapi jika di lingkup kuliah yang berprestasi itulah yang dikenal atau yang paling banyak bertanya itulah yang dikenal, dan memang semua mengamininya. Back to topic, semua yang terjadi pasti ada sebab akibat, jadi jika anda seorang siswa janganlah selalu mempertanyaan kenapa saya dianaktirikan, tetapi bagaimana membuat saya dikenal guru dengan positif. Sebenarnya caranya mudah, belajar!,
gak seperti dosen yang hanya bisa bertemu dan membuat janji atau tergantung sifat si dosen, guru lebih terbuka soal waktu bertemu dan mempersilakan bertamu bagi siswanya, rata rata guru malah diyakini lebih senang jika muridnya datang ke rumah untuk bermain atau menanyakan pelajaran yang dia tidak mengerti. Sejauh yang saya tahu meski bermain kerumahnya (baca :silaturahmi) tanpa mempertanyakan asal usul kenapa dia bermain kesitu, guru tetap sangat bangga terhadap siswanya yang seperti ini.

Bukan menjilat atau bagaimanapun juga, tetapi yang saya sampaikan pada paragraf diatas memang seperti itu adanya, tetapi kita juga mempunyai kewajiban menghargai privasi guru, karena guru juga mempunyai keluarga, sesuaikan dengan jam belajar masyarakat di tempat tinggal guru, sebab setiap orang yang dinamakan guru adalah seorang warga masyarakat yang semestinya patuh pada peraturan/norma yang ada di lingkungan masyarakat. Sejauh yang saya tahu seperti pada paragraf tiga postingan saya sebelumnya http://mrjackkaskus.blogspot.com/2012/11/memperingati-hari-guru-nasional-masih.html bahwa kita juga harus hati hati dengan seseorang yang menjabat sebagai guru yang mungkin disebut oknum, tak perlu terlalu dekat dengan guru yang berbeda jenis kelamin, sehingga tidak ada timbul "maaf" prasangka buruk dan terjadinya fitnah di lingkungan sekitar.

Jadi, ingin dikenal oleh guru? jadi orang yang baik pada mereka ya gan! :D

0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda adalah hadiah terindah bagi saya