Monday, November 19, 2012

mengenal permainan PETAK UMPET


Masih inget permainan petak umpet? , Petak umpet adalah sejenis permainan yang bisa dimainkan oleh minimal 2 orang, yang satu menjadi kucing dan lainnya menjadi tikus, namun jika semakin banyak jelas semakin seru.
permainan dimulai dengan mengundi siapa yang akan menjadi kucing dan yang lainnya menjadi tikus, biasanya menggunakan sobyong/hompimpah ( mengayunkan telapak tangan terdiri dari 2 pilihan, punggung telapak tangan atau sebaliknya ) dan yang berbeda sendiri akan menjadi kucing.
kucing berperan sebagai pencari tikus, kucing bersembunyi dibalik pohon/tembok dan lainnya sehingga mata tidak bisa melihat selamat sekitar 10-15 detik hingga tikus berhasil bersembunyi.
biasanya si kucing jika menemukan si tikus dia akan mengatakan ING/INGLO dan si tikus akhirnya terpenjara di dekat tempat JEKPONGAN (tempat si kucing tadi menutup mata biasanya tembok atau pohon).

jika salah satu tikus ingin berhenti dari permainan, maka dia menggunakan kata NAS, artinya saya berhenti dahulu, rehat. dan tikus ini tidak boleh melanjutkan permainan, dan dianggap gugur. biasanya si tikus menyerah kepada kucing.
kembali pada permainan, ketika si salah satu tikus masih bersembunyi dan yang lainnya tertangkap si tikus ini bisa mendekati tikus yang tertangkap, dan menyentuhnya dan si tikus yang terpenjara bisa bersembunyi kembali dan si kucing kembali menuju tembok untuk memejamkan mata dan kembali menghitung sampai 10-15 detik dan mencari kucing lagi.

ada yang namanya KOBONGAN/KEBAKARAN yang artinya si kucing menerima sogokan dari tikus yang terpenjara, semisal memberitahukan tempat bersembunyi tikus yang belum tertangkap, nah yang ketahuan begini, si tikus yang memberitahu dianggap curang dan dihukum menjadi kucing.

sekian dari saya :D, wanna play old game gan?




0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda adalah hadiah terindah bagi saya