Monday, November 19, 2012

19 komoditas Indonesia yang mendunia

Indonesia Jadi Barometer Harga Perdagangan Komoditas Dunia


Duniaindustri (November 2012) - Indonesia berpeluang menjadi referensi harga perdagangan komoditi dunia mengingat Indonesia menjadi salah satu produsen dan pemasok utama sejumlah komoditi yakni sawit, karet, timah, kakao, dan kopi. Tim redaksi duniaindustri.com mencatat sedikitnya 19 komoditas negeri ini memiliki ranking yang tinggi dalam percaturan komoditas di dunia.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Bayu Krisnamurthi mengatakan, "Ke depan ini yang harus betul-betul diusahakan, Bappebti dalam hal ini akan mengusahakan tetapi bukan untuk mengambil alih."

Kementerian Perdagangan melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) tak lagi dominan namun justru akan berupaya mendorong para pelaku usaha yang bergerak dalam perdagangan berjangka komoditas untuk bisa membangun reputasi harga yang lebih baik. Tanpa adanya reputasi yang baik, mustahil bisa menjadi referensi harga dunia.

"Ini menjadi tantangan. Kalau kita lihat perdagangan komoditas di bursa masih kecil secara persentase. Ke depan harus dibuat lebih signifikan sehingga referensi harga bisa didapat," ujar Bayu.

Selain banyaknya komoditas yang dihasilkan di Indonesia, munculnya para konsumen seperti dari China, India, dan Korea Selatan menjadikan kekuatan ekonomi barat kini bergeser ke Asia.

Data dari Kementerian Perdagangan menyatakan ekspor komoditas olahan sawit (crude palm oil/CPO) misalnya meningkat pada periode Januari-Agustus 2012 mencapai 8,6 juta ton atau meningkat 48,8% dengan total nilai mencapai US$ 8,8 miliar. Sedangkan untuk ekspor komoditas kakao juga meningkat pada periode yang sama sebesar 34,4% atau setara dengan 133.900 ton dengan nilai ekspor mencapai US$ 339 juta.

Indonesia memiliki sejumlah komoditas yang mendunia. Keunggulan itu sudah diakui secara global sehingga tidak heran banyak investor asing yang melirik negeri ini. Berdasarkan penelusuran tim redaksi duniaindustri.com tercatat 19 komoditas RI memiliki peringkat dunia.

Ke-19 komoditas tersebut merupakan sumber daya alam dan sumber daya industri Indonesia yang menempati peringkat strategis di dunia. Di 2011, Indonesia telah resmi menyandang predikat produsen dan eksportir minyak sawit mentah terbesar pertama di dunia. Negeri ini juga menjadi produsen dan eksportir rempah-rempah terbesar pertama di dunia.

Indonesia juga dikenal sebagai eksportir terbesar batubara di dunia, produsen dan eksportir timah terbesar di dunia, dan lainnya.

Indonesia menempatkan diri sebagai produsen terbesar minyak sawit (palm oil) dunia. Menurut laporan lembaga independen internasional, Oil World, Indonesia menghasilkan 47% produksi minyak sawit dunia di 2011.

Sementara itu, Malaysia yang menyumbang 39% produksi minyak sawit global berada di posisi kedua. Negara lain yang juga banyak memproduksi minyak kelapa sawit adalah Nigeria, Thailand, Kolombia, Ekuador, Papua Nugini, Pantai Gading, dan Brasil.

Data Oil World menyebutkan, produksi kelapa sawit dunia pada 2010 mencapai 46 juta ton dengan total area yang digunakan untuk menanam sawit di seluruh dunia mencapai 12 juta hektare. Sebagian besar lahan perkebunan kelapa sawit itu berlokasi di Indonesia dan Malaysia.

Untuk komoditas kakao, Indonesia menargetkan mampu memproduksi dua juta ton kakao pada 2020 mendatang. Saat ini, produksi kakao nasional tercatat sebesar 600 ribu ton yang memasok sekitar 15% terhadap total dunia yang sebanyak empat juta ton.

Pemerintah mencanangkan Indonesia sebagai penghasil kakao terbesar dunia pada 2014. Saat ini, predikat tersebut masih dipegang oleh dua negara Afrika, yaitu Ghana dan Pantai Gading.

International Cocoa Organization (ICCO) menyebutkan, pada 2011 pemasok utama kakao dunia adalah Pantai Gading (38,3%), Ghana (20,2%) dan Indonesia (13,6%). Pemasok lainnya adalah Kamerun (5,1%), Brasil (4,4%), Nigeria (4,9%) dan Ekuador (3,1%).

Untuk batubara, Badan Energi Internasional (International Energy Agency/IEA) menyebutkan, Indonesia merupakan pengekspor batubara terbesar kedua setelah Australia. Berdasarkan data IEA, di tahun 2009 Indonesia mengekspor batubara sebesar 261,4 juta ton, sementara Australia mengekspor batubara 288,5 juta ton.
Selain Australia dan Indonesia terdapat sejumlah negara lain yang juga menempati posisi dalam top coal exporters list, yaitu Rusia (130,9 juta ton), Kolombia (75,7 juta ton), Afrika Selatan (73,8 juta ton), Amerika Serikat (60,4 juta ton), China (38,4 juta ton), dan Kanada (31,9 juta ton).

Menurut World Energy Council dalam Survey of Energy Resources-2010, cadangan batubara terbukti dunia terbesar terdapat di Amerika Serikat, Rusia, China, Australia, dan India. Amerika Serikat menempati tempat teratas dengan total cadangan batubara 237.295 juta ton (22,6% cadangan dunia), Rusia menempati tempat kedua dengan 157.010 juta ton (14,4% cadangan dunia), menyusul Cina dengan cadangan sebesar 114.500 juta ton (12,6% cadangan dunia), kemudian Australia dengan cadangan terbukti 76.500 juta ton (8,9% cadangan dunia), dan posisi ke-5 diisi oleh India dengan 60.600 juta ton (7% cadangan dunia), sementara Indonesia hanya menempati urutan ke-14 dengan jumlah total cadangan terbukti 5.529 juta ton (0,6% dari total cadangan batubara dunia).

Menurut data Statistical Review of World Energy di tahun 2009, Cina merupakan negara produsen batubara terbesar dengan 3,05 miliar ton (45,6% produksi dunia), sedangkan Indonesia menempati posisi ke-7 dengan jumlah produksi 252,5 juta ton (3,6% produksi dunia). (Tim redaksi 02)

Keunggulan komoditas Indonesia di dunia:
1. Produsen dan eksportir minyak sawit mentah terbesar pertama di dunia
2. Produsen dan eksportir rempah-rempah terbesar pertama di dunia
3. Eksportir batubara terbesar kedua di dunia
4. Produsen dan eksportir timah terbesar di dunia
5. Produsen dan eksportir nikel terbesar keempat di dunia
6. Produsen dan eksportir tembaga terbesar ke-11 di dunia
7. Produsen dan eksportir bauksit terbesar ketujuh di dunia
8. Produsen dan eksportir biji besi terbesar kelima di dunia
9. Produsen emas terbesar ke-12 di dunia
10. Produsen gas terbesar ketujuh di dunia
11. Produsen dan eksportir tekstil terbesar ke-7 di dunia, dan terbesar ke-11 untuk garmen
12. Produsen dan eksportir minyak zaitun (bahan baku parfum) terbesar di dunia
13. Produsen dan eksportir kopi terbesar ketujuh di dunia
14. Produsen dan eksportir alas kaki terbesar kelima di dunia
15. Produsen dan eksportir karet terbesar kelima di dunia
16. Produsen dan eksportir kertas dan pulp terbesar kesembilan di dunia
17. Produsen dan eksportir biji kakao terbesar ketiga di dunia
18. Produsen dan eksportir rotan terbesar ketiga di dunia
19. Produsen dan eksportir teh terbesar ke-7 di dunia

sumber berita

0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda adalah hadiah terindah bagi saya