Friday, November 23, 2012

Pantai Parangtritis Yogyakarta




Siapa yang tak kenal pantai parangtritis , bahkan sebagian besar wisatawan asing maupun domestik pasti mencari yang namanya wisata pantai, ya salah satu keunggulan wisata di yogyakarta dalam bidang alam yaitu pantai memang sangat terkenal selain pantai daerah wonosari, inilah pantai yang lebih terkenal yaitu parangtritis,  pantai yang terletak pada koordinat S8°1'29.7" E110°19'57.2" ini sangatlah  indah dan ramai dikunjungi oleh para wisatawan domestik terutama wisatawan yang bukan asli yogyakarta.

Letak Pantai Parangtritis

Buat yang belum tahu cara agar kita dapat sampai ke parangtritis pasti bingung kan naik kendaraannya, nah jangan bingung jika anda memang pecinta transportasi umum naiklah bus jurusan pantai parangtritis. Posisikan anda di Pojok Beteng wetan (orang jogja menyebutnya Jokteng Wetan), di sebelah selatan dan tunggu bus jurusan parangtritis (Jika harga belum berubah Rp 6000 - 7000 sudah termasuk masuk pantai parangtritis).  Jika anda kebingungan untuk mencapai posisi di daerah jokteng wetan, ada beberapa  untuk mencapai pantai parangtritis, tetapi usahakan anda berada pada tempat tempat yang strategis semisal terminal atau bandara. untuk lebih jelasnya akan saya sampaikan seperti dibawah ini :



Keunikan Pantai Parangtritis


Wow, jika kita sudah mencapai parangtritis dan masih ada waktu yang panjang, cobalah naik ke tebing gembirawati, dari kata temen saya anak daerah pantai parangtritis di dekat gerbang tersebut ditemukan sisa sisa candi, sebut saja candi gembirawati (karena letaknya tidak jauh dari tebing gembirawati). Pantai parangtritis adalah pantai keramat bagi warga yogyakarta, pantai yang menjadi rumah bagi ratu laut selatan atau yang dikenal dengan Nyi Roro Kidul penguasa laut selatan, untuk yang percaya mistis, diharapkan jika ke pantai parangtritis jangan memakai baju/kaos warna hijau karena ini adalah sebuah pantangan.

Eitsss, anda boleh gak percaya tapi larangan mandi di pantai parangtritis tetap harus anda percaya, sudah banyak korban hilang akibat derasnya ombak bisa menyeret anda ke tengah laut dan tak bisa kembali lagi, ada beberapa titik dekat bibir pantai yang tidak boleh didekati, denger denger sih disitu ada semacam palung kecil, sehingga harus waspada jika berada di pantai parangtritis jangan sampai terlena itu untuk keselamatan diri anda sendiri. Jika anda ingin menjelajahi pantai silakan coba dengan ATV (motor kecil beroda 4) untuk mengelilingi indahnya pantai dengan estimasi biaya sekitar 50.000-100.000 per setengah jam atau dokar (transportasi roda 2 yang ditarik oleh kuda) dengan estimasi biaya 20.000 rupiah.

Anda tertarik? ke parangtritis aja, karena jika anda ingin bermalam di pantai parangtritis, hotel/motel/losmen banyak terdapat di daerah ini. Jadi, seberapa antusiaskah anda dengan pantai?
cobalah menikmati pantai parangtritis :D



3 komentar:

  1. nice info gan,.
    lengkap dengan "ancer-ancer'nya",:):)

    nambahin ya gan, bisa juga pakai mobil/motor rental, rental mobil dan motor murah jogja http://www.jogjaempatroda.blogspot.com/, http://www.sewamotorjogja.com/

    thank you gan,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap sama sama gan.. silakan numpang promosi... #cheers

      Delete
  2. yap gan.. silakan... siapa tau saling membantu

    ReplyDelete

Komentar anda adalah hadiah terindah bagi saya