Tuesday, November 20, 2012

Tips Mendidik Anak untuk Berlaku Sopan Santun




Pendidikan sopan santun memang tidak bisa dielakkan menjadi salah satu masa depan seseorang akan menjadi apa dia. pendidikan sopan santun atau tata krama ini seharusnya diajarkan sedari kecil, sehingga ketika dewasa asas sopan santun yang sedari kecil diajarkan akan diterapkan saat dia dewasa. salah satu pendidikan sopan santun iyalah cara bersyukur terhadap apa yang dia punya. Efek bersyukur apa yang dia punya salah satunya tidak akan bertindak KKN ketika dia menjadi salah satu pejabat tinggi atau yang punya kekuasaan.

1. berdoa
Mengajarkan anak pada suatu bentuk menghargai kesederhanaan adalah sangat penting. Berdoa setiap memulai sesuatu dan mengakhiri adalah salah satu cara mengajarkan kesederhanaan.

2. berkata tolong dan bukan menyuruh
biasakan anak menggunakan kata "tolong" ketika meminta bantuan orang lain. jangan biarkan anak anda membentak orang lain semisal pembantu anda atau anda sendiri. sehingga anak tidak akan memandang rendah orang lain dan menghargai apa yang dia punya, serta bisa membayangkan jika dia menjadi seseorang yang dia bentak atau perintah.

3. berikan contoh yang baik
jadilah panutan untuk anak anda, jangan biarkan anak tidak punya acuan. beri contoh perilaku sederhana dan anak akan menjadi seseorang yang anda inginkan.

4. rendah hati
biasakan anak anda rendah hati, bukan rendah diri, tidak menyombongkan apa yang dia punya, dan ajarkan ke anak indahnya berbagi dengan sesama.

5. ajarkan cara berterima kasih
ajarkan anak untuk berterima kasih kepada siapapun yang dia minta bantuan, hal ini akan membantu anak anda belajar bersyukur, jika tanpa bantuan orang lain hidup ini tidak akan semudah yang dia jalani.

itu saja sih yang bisa saya sampaikan, sehingga kesederhanaan dan rasa bersyukur bisa selaras berjalan bersama



0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda adalah hadiah terindah bagi saya