Monday, November 19, 2012

santun dalam berforum


member sebuah forum layaknya sebuah rumah bagi para penghuninya, maka dari itu diperlukan sebuah hubungan yang baik antar penghuni rumah, sehingga dapat tercipta keharmonisan dan suasana kekeluargaan yang membuat kita betah tinggal dalam sebuah rumah. contohnya forum kaskus, karena member yang mencapai jutaan maka tidak jarang pula yang saling bergesekan pendapat atau salah paham. wajar! tanpa perbedaan pendapat sebuah forum tidak akan maju atau stagnan bahkan kehilangan member, tetapi lebih bagus jika sebuah perselisihan atau permasalahan itu diselesaikan dengan kepala dingin.
santun dalam berforum meliputi :

1. penggunaan emoticon

emoticon adalah ekspresi kita dalam berforum, semisal senang, marah , bingung, penggunaan emoticon pun kadang cuma jadi bahan candaan, tetapi ketika dalam perselisihan, membutuhkan kehati-hatian menggunakan emoticon, karena efeknya mungkin akan menambah masalah, beberapa emoticon yang mengungkapkan ekspresi kemarahan:

:jrb::cd::marah :batabig:mad:gila::fuck::fuck2::fuck3:





2. penggunaan capslock

menggunakan capslock itu menunjukkan kemarahan, meskipun ada emoticon emoticon yang menunjukkan ekspresi marah tetapi capslock efeknya jauh lebih besar dari emoticon. sehingga jauhi menggunakan tombol capslock. agar tidak menyakiti perasaan member lain.

3. hormati yang lebih lama tinggal di subforum tersebut atau bersikap welcome terhadap member baru

ini hal yang paling terpenting dalam berforum, jika kita member baru hendaknya  bersikap lebih sopan terhadap member yang lebih lama, karena hal ini akan menimbulkan keselarasan dan regenerasi, suatu saat kita yang akan jadi member lama di forum tersebut bukan? sehingga penerapan penerapan seperti itu memang diharuskan. Sedangkan jika kita member lama, bersikap sebagai seseorang yang mengayomi member baru adalah hal wajib, karena kita tidak akan terus aktif pada forum tersebut sehingga menciptakan regenerasi yang lebih baik

hal itu saja sih yang bisa saya sampaikan, mungkin ada tambahan silakan di isi di dalam forum komentar,
from cyber to brotherhood

salam



0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda adalah hadiah terindah bagi saya