Tuesday, November 27, 2012

Kelestarian Sumber Air : Pentingnya Air Minum Dalam Kehidupan Sehari hari

Ingat sebuah jargon "Untuk hidup sehat kenapa mesti mahal?", menurut saya untuk zaman sekarang sangat sulit sekali dilakukan, karena memang untuk hidup sehat zaman sekarang itu memang mahal, karena yang mahal yang berkualitas, bayangkan saja untuk mendapatkan sebuah air minum kita mesti membeli air sebuah produk perusahaan tertentu yang kemudian dipastikan lagi dengan membeli sebuah dispenser yang berkualitas dan memerlukan listrik untuk memanaskan air agar semakin menguatkan bahwa air itu benar benar sehat untuk di konsumsi, bagi saya itu sangatlah miris!

Kesehatan adalah sesuatu yang sangat mahal bahkan untuk mencari sebuah kata sehat pun kita harus bertindak hati hati dalam memilih sesuatu yang akan dimasukkan ke tubuh. Bahkan jika dibuat polling pun semua pasti akan setuju jika sehat itu tak lepas dari pola makan dan minum kita. Makanan dan minuman yang higienis tentu saja jadi pilihan utama kita. Jika makanan dan minuman yang tercemar bakteri dan membuat daya tubuh kita menurun tentu saja membuat kita merugi, karena setiap kegiatan yang akan kita lakukan akan terhambat karena perilaku hidup tidak sehat yang kita jalani.

Air adalah senyawa atau zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, bahkan isi dari tubuh kita lebih dari setengah atau 70% berisi air, agar tidak terjadi dehidrasi seorang manusia membutuhkan sekitar 2 liter atau 8 gelas air setiap hari sehingga bayangkan saja jika tubuh kita di isi oleh air yang tidak sehat sampai 2 liter setiap hari, apakah lama kelamaan tubuh kita kuat untuk bertahan? kalau untuk saya sendiri tentu saja tidak kuat.
 
Air yang sehat adalah sesuatu yang sangat vital bagi kelangsungan hidup yang kita jalani, beberapa macam jenis air sehat yang kita tahu adalah tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa dan tidak mengandung logam. Untuk yang terakhir sangat sukar sekali dihilangkan, logam yang tak kasat mata yang biasanya terdapat di air sumur yang sudah tercemar akibat sanitasi yang kurang baik. Saya seorang fisikawan yang tertarik pada bidang koloid dan pernah meneliti tentang arang aktif atau karbon aktif yang berfungsi menyaring kandungan logam dalam kandungan air tetapi karena kesulitan dalam meneliti apa isi kandungan air yang telah saya hasilkan, maka saya alihkan untuk menganti variabel terkontrolnya yaitu warna atau kejernihan air secara kasat mata dan saya jadikan judul seminar fisika di Fisika MIPA UNY.

Sumber penyakit yang bisa terjadi pada kita akibat air yang tidak bersih seperti yang dikutip dari http://www.kelair.bppt.go.id/Publikasi/BukuAirMinum/BAB1PENCEMARAN.pdf  sebagai berikut :


Untuk memperoleh air yang sehat telah banyak cara dilakukan, seperti yang tertera pada keputusan menteri kesehatan republik indonesia dengan Nomor 907/MENKES/SK/VII/2002 tentang syarat dan pengawasan air minum yang didalamnya kurang lebih berisi tentang air minum dari hasil proses pengolahan maupun tanpa proses pengolahan, maka perlu diapresiasi perusahaan unilever menelorkan sebuah produk yaitu Pure It yang bergerak dibidang kesehatan air minum yang menghasilkan air bersih tanpa gas dan listrik, bagi saya sendiri itu adalah terobosan baru di dunia kesehatan. Untuk hidup lebih sehat kenapa tidak? begitulah kira kira saya menyampaikan segala sesuatu pentingnya kesehatan terutama air minum.


10 komentar:

Komentar anda adalah hadiah terindah bagi saya